Cara Memperbaiki Hubungan yang Retak

Sebuah hubungan dapat dengan mudah retak hanya karena sejumlah permasalahan dan kesalahpahaman. Hubungan yang retak akan sangat sulit untuk diperbaiki dan biasanya tidak akan pernah dapat kembali seperti semula. Terdapat sejumlah alasan, seperti kesalahpahaman, miskomunikasi hingga kesalahan yang melibatkan orang lain; hubungan yang rapuh dapat rusak hanya karena alasan sepele. Alasan yang menyebabkan rusaknya hubungan dapat berbeda pada setiap orang.

Seringkali, hubungan terjalin bukan atas kecocokan seketika sejak awal, melainkan berawal dari ketertarikan dan pemahaman masing-masing, dimana dalam perjalanan hubungan tersebut muncuk berbagai penyesuaian dan pengertian. Seiring waktu berjalan, mungkin saja hubungan tersebut retak karena kesalahpahaman, kesalahan kecil atau kurangnya toleransi. Memperbaiki hubungan yang rusak dapat dilakukan meskipun sulit.

Pahami Alasan Putusnya Hubungan

Untuk dapat menyelesaikan setiap masalah, pemahaman akan alasan dibalik permasalahan tentunya adalah hal yang penting. Tanpa mengetahui penyebab utamanya, maka masalah dalam hubungan tidak akan dapat diperbaiki. Analisa setiap tahap dalam hubungan kalian dan cari tahu dimana kesalahan terjadi. Ketika alasan putus hubungan diketahui, maka kamu akan dapat mulai mencari solusi dengan lebih mudah. Kamu dapat berusaha memperbaiki atau merubah hal yang menyebabkan kalian putus. Hal ini juga akan sangat efektif jika kalian lakukan bersama.

Saling Memaafkan

Setelah permasalahan tersebut dipahami, maka langkah berikutnya adalah untuk saling memaafkan. Jika kamu masih mendendam, maka masih ada kemungkinan kalian akan putus lagi di masa mendatang dengan alasan yang sama. Coba pahami kenapa pasangan kalian melakukan kesalahan tersebut dan maafkan dia jika kamu memang ingin melanjutkan hubungan. Hal ini dapat membawa hubungan kalian ke tingkat yang lebih tinggi. Jika ternyata kesalahannya ada pada dirimu, maka bersiap untuk mengubah diri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa mendatang.

Perbaharui Komitmen

Setelah kamu balikan dengan pasangan, maka langkah berikutnya adalah untuk memperbaharui komitmen, dimana kalian saling berbagi resolusi dan keputusan untuk hubungan kalian. Banyak pasangan yang dengan mudah melupakan komitmen mereka. Karenanya, konsistensi adalah hal penting bagi kalian untuk menjaga hubungan tetap hangat. Kamu tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi kamu dapat membangun dan mempersiapkan masa depan bersama. Pahami kesalahan masa lalu dan nyatakan komitmen untuk tidak mengulanginya di masa depan.

Ubah Dirimu Sendiri

Kamu mungkin tidak dapat mengubah pasangan seperti keinginanmu, namun kamu dapat berusaha mengubah dirimu sendiri. Mengubah dirimu adalah cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah dan memperbaiki hubungan. Perubahan yang terjadi mungkin membuatmu menjadi lebih menarik bagi pasanganmu. Kamu juga bisa mencoba untuk perlahan mengubah pasanganmu menjadi lebih baik, hanya jika ia berkenan, karenanya kamu juga harus rela mengubah dirimu. Mengubah diri bukan berarti harus menuruti pasangan, tetapi fokus kepada cara untuk menemukan hal yang dapat saling memuaskan pasangan dan membuat mereka dan dirimu bahagia.

Komunikasi

Sebagian besar masalah dalam hubungan dapat diselesaikan dengan komunikasi yang tepat. Seringkali kesalahpahaman atau kesalahan kecil dapat menyebabkan hubungan rusak. Mulailah untuk mengenali permasalahan yang ada dalam hubungan kalian dan coba untuk membuat kamu dan pasangan mengerti situasi yang sebenarnya. Komunikasi adalah tentang kenyataan dan kejujuran, tetapi juga harus melingkupi dukungan, bantuan dan saling memaafkan. Jangan menjadi defensif atau berargumen hanya untuk menempatkan kesalahan pada pasangan kamu.